MACROECONOMIC LINKAGE OF CONSUMER CONFIDENCE IN INDONESIA
Abstract
Study ini meneliti mengenai hubungan makroekonomi kepercayaan konsumen di Indonesia, yaitu untuk mengetahui apakah kepercayaan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel makroekonomi dimasa lalu serta memiliki kemampuan prediksi terhadap kondisi ekonomi Indonesia dimasa depan. Studi ini dilakukan dengan menggunakan variabel makroekonomi meliputi indeks kepercayaan konsumen (CCI), Inflasi , pertumbuhan GDP, Nilai tukar , BI rate dan harga saham gabungan dengan periode bulanan selama januari 2001-Desember 2015. Data diolah dengan menggunakan metode Vector Autoregression (VAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanpa menganggap variabel lain konstan, CCI terkointegrasi dengan inflasi dan harga saham. Hasil juga menunjukkan adanya kausalitas CCI terhadap inflasi, BI rate dan harga saham. Namun saat selluruh variabel berinteraksi bersama sama hanya hubungan kausallitas CCI pada lag 2 tehadap BI rate yang tetap bertahan . Model menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen di Indonesia tidak mampu dijelaskan oleh variabel macroekonomi dimasa lalu namun memiliki kemampuan prediksi terhadap perubahan BI rate dimasa depan . Akan tetapi besarnya kon
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan artikel ke Jurnal BPPK, Penulis setuju bahwa copyright atas artikel tersebut menjadi hak milik Jurnal BPPK.
Namun demikian, Penulis tetap berkewajiban untuk menjaga integritas dan mematuhi segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk konsekuensi hukum di dalamnya.
Apabila dikemudian hari ditemukan tindakan yang melanggar hukum yang dilakukan oleh Penulis dalam usahanya menulis artikel yang dikirim ke Jurnal BPPK, maka konsekuensi hukum menjadi tanggung jawab penulis dan dengan ini membebaskan pengelola Jurnal BPPK dari segala tuntutan hukum.
Apabila hal ini terjadi, pengelola Jurnal BPPK berhak mencabut artikel tersebut dari terbitan yang telah diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.