MACROECONOMIC LINKAGE OF CONSUMER CONFIDENCE IN INDONESIA

  • Jagat Prirayani
Keywords: Consumer confidence, Policy rate, macroekonomi

Abstract

Study ini meneliti mengenai hubungan makroekonomi kepercayaan konsumen di Indonesia, yaitu untuk mengetahui apakah kepercayaan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel makroekonomi dimasa lalu serta memiliki kemampuan prediksi terhadap kondisi ekonomi Indonesia dimasa depan. Studi ini dilakukan dengan menggunakan variabel makroekonomi meliputi indeks kepercayaan konsumen (CCI), Inflasi , pertumbuhan GDP, Nilai tukar , BI rate dan harga saham gabungan dengan periode bulanan selama januari 2001-Desember 2015. Data diolah dengan menggunakan metode Vector Autoregression (VAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanpa menganggap variabel lain konstan, CCI terkointegrasi dengan inflasi dan harga saham. Hasil juga menunjukkan adanya kausalitas CCI terhadap inflasi, BI rate dan harga saham. Namun saat selluruh variabel berinteraksi bersama sama  hanya hubungan kausallitas CCI pada lag 2 tehadap BI rate yang tetap bertahan . Model menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen di Indonesia tidak mampu dijelaskan oleh variabel macroekonomi dimasa lalu namun memiliki kemampuan prediksi terhadap perubahan BI rate dimasa depan . Akan tetapi besarnya kon

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-26
How to Cite
Prirayani, J. (2018). MACROECONOMIC LINKAGE OF CONSUMER CONFIDENCE IN INDONESIA. Jurnal BPPK: Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 9(1), 67-88. Retrieved from https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/jurnalbppk/article/view/119