EVALEVALUASI KIRK PATRICK LEVEL 2 TERHADAP PEMBELAJARAN MODEL 70.20.10 DI PUSDIKLAT PAJAK
Abstract
Desain pembelajaran di Kementerian Keuangan telah menggunakan Metode klasikal dan Non klasikal. Hal ini ditindaklajuti oleh BPPK dengan menerapkan metode pembelajaran yang baru, seperti blended learning dan open class, selanjutnya Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak menerapkan pembelajaran model 70:20:10, diawali pada Pelatihan Teknis Petugas Pemeriksa Pajak (PT P3). Karena baru pertama kali, maka wajar saja jika menimbulkan kegamangan apakah model tersebut tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang selama ini telah dilakukan. Oleh sebab itu model ini harus secepatnya dievaluasi sesuai dengan KMK No. 924/KMK.011/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah embelajaran Model 70:20:10 mampu meningkatkan kompetensi, mengetahui ada tidaknya kendala/hambatan sehingga tidak bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dan adakah perbedaan kompetensi antara peserta pria dibandingkan dengan wanita. Penelitian menggunakan uji Paired T Test dan Independent T Test, data diperoleh melalui kuesioner. Disimpulkan bahwa pembelajaran Model 70:20:10 mampu meningkatkan secara signifikan kompetensi peserta sebelum dan sesuah mengikuti pelatihan. Kendala/hambatan yang menyebabkan tidak bisa diimplementasikan ilmu yang diperoleh adalah peserta tidak lagi memiliki IKU sehingga tidak menjadi prioritas, peserta dipindah ke seksi lain, WP tidak ditemukan dan karakteristik WP yang berbeda dengan yang diajarkan dan tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kompetensi antara peserta pria dibandingkan wanita.