EFEKTIFITAS IKLAN SEBAGAI SARANA MEMPERKUAT SOSIALISASI PAJAK KE MASYARAKAT
Abstract
Target penerimaan negara yang dibebankan kepada penerimaan pajak setiap tahun semakin meningkat sehingga diperlukan taktik atau strategi yang jitu dan inovatif agar bisa melakukan sosialisasi yang tepat untuk memenuhi target tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ingin memberikan alternatif pilihan bagi Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat.Iklan bisa sangat efektif digunakan sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat yang berfungsi sebagai pemasaran tentang program atau produk yang ingin kita masyarakatkan. Berdasarkan uraian diatas sasaran yang ingin dicapai penulis adalah agar Direktorat Jenderal Pajak sebaiknya lebih mengintensifkan sosialisasi pajak melalui sarana iklan yang berupa iklan layanan masyarakat dengan berbagai bentuk media iklan yang tersedia baik cetak maupun elektronik agar masyarakat bisa menjadi Wajib Pajak yang patuh baik formil maupun materiil. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Berdasarkan penelitian ini temuan yang di dapat adalah bahwa penggunaan iklan yang gencar dapat mengubah sikap, sifat, pendapat dan perilaku orang (komunikan) sesuai dengan kehendak pemrakarsa komunikasi itu (komunikator).