PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN ETIKA PUBLIK MENGGUNAKAN LAGU DOLANAN GUNDUL-GUNDUL PACUL

  • Agus Suharsono Balai Diklat Keuangan Yogyakarta
  • Muh. Anang Al Aziz Balai Diklat Keuangan Yogyakarta
Keywords: Etika Publik, Gundul-Gundul Pacul, Metode Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin bagaimana pendapat peserta terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan lagu dolanan Gundul-Gundul Pacul sebagai altenatif metode pembelajaran Etika Publik pada Latsar CPNS maupun Diklat Kepemimpinan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menurut Mertler dan Charles yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pengambilan tindakan, pengembangan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari pengamatan dan kuesioner yang dianalisis secara logiko-induktif. Hasil penelitian metode pembelajaran tersebut mudah dipahami, menyenangkan, memancing kreativitas, dan efektif. Selain itu peserta juga berpendapat bahwa ada hubungan materi Etika Publik dengan lagu dolanan Gundul-Gundul Pacul bahwa ASN harus bekerja dengan penuh tanggung jawab, amanah, dan professional untuk mewujudkan tujuan negara. Penelitian ini mempunyai keterbatasan pada waktu pengumpulan data pada saat tatap muka selesai sehingga tidak bisa mengetahui apakah setelah jangka waktu tertentu peserta masih mengingatnya. Namun metode ini direkomendasikan digunakan sebagai altenatif pembelajaran Etika Publik.

Published
2019-07-09