EKSPERIMEN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN POLA NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

  • Kuwat Slamet Politeknik Keuangan Negara STAN
Keywords: Pola NHT, metode pembelajaran kooperatif, belajar mandiri, kebersamaan, kepedulian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan pola NHT (Numbered Heads Together) dan dampak penerapan pola tersebut terhadap hasil belajar mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, khususnya pada mata kuliah Manajemen Keuangan, dalam menghadapi ujian akhir semester. Penelitian eksperimental semu (quasi experimental research) dengan desain between-subject ini menggunakan sampel yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan (treatment) pola NHT sedangkan kelompok control adalah kelompok yang tidak diberikan perlakuan pola NHT. Masing-masing kelompok berjumlah 152 partisipan. Data penelitian ini berasal dari hasil pengamatan/observasi, nilai ujian tertulis, dan kuesioner yang diolah menggunakan seperangkat alat analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dengan pola NHT memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, pola NHT juga dapat menciptakan kemampuan belajar mandiri secara berkelompok dan menumbuhkan kepedulian antaranggota dalam kelompok serta mampu menghilangkan kebosanan dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu, pola NHT dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran di lingkungan PKN STAN selain metode pembelajaran yang selama ini banyak digunakan yaitu metode konvensional berupa ceramah dan tanya-jawab.

Published
2019-07-09