AKUNTABILITAS KEPATUHAN PADA PRINSIP SYARIAH DALAM PENGELOLAAN SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA (SUKUK NEGARA)

  • Erny Arianty Pusdiklat Keuangan Umum
Keywords: Akuntabilitas, Kepatuhan Syariah, SBSN

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana praktik akuntabilitas khususnya akuntabilitas kepatuhan pada prinsip syariah dalam pengelolaan Surat Berharga Syariah Negara diterapkan dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mendukung terwujudnya akuntabilitas tersebut. 

Metode: Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara ke beberapa informan yang bertugas di Direktorat Pembiayaan Syariah dan juga melakukan observasi untuk melihat praktik-praktik dalam pengelolaan SBSN.

Hasil penelitian: Hasil penelitian secara umum pengelolaan SBSN telah memenuhi kepatuhan pada prinsip syariah walaupun masih ada beberapa bagian dari proses yang masih perlu penyempurnaan, diantaranya perlu adanya opini dari DSN-MUI terhadap penggunaan dana SBSN untuk kesesuaian pada prinsip syariah, perbaikan akuntansi dalam hal pencatatan amortisasi diskon/premium ketika penerbitan SBSN (selama ini menggunakan akun bunga). Ada beberapa fakor yang mendukung terwujudnya akuntabilitas tersebut, yaitu komitmen manajemen, otoritas pemerintah, pelatihan, dan koordinasi/kerja sama internal.

Batasan Penelitian: Penelitian ini memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan observasi dan terbatasnya informan yang diwawancari sehingga masih banyak informasi yang belum dapat diperoleh sehingga karya tulis ini masih memerlukan penyempurnaan. 

Rekomendasi: Akuntabilitas Kepatuhan pada prinsip syariah dalam setiap tahapan dan proses pengeloaan harus diwujudkan yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dari masyarakat khususnya investor.

Manfaat: Hasil penelitian ini akan meminimalkan risiko dari ketidakpatuhan pada prinsip syariah

Published
2019-06-21