PENGARUH SASARAN KERJA PEGAWAI TERHADAP KINERJA - KOMITMEN, UMPAN BALIK, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Hindri Asmoko Balai Diklat Kepemimpinan
  • Hari Sugiharto Balai Diklat Kepemimpinan
Keywords: Sasaran Kerja, kinerja, komitmen, umpan balik, kompleksitas tugas

Abstract

Tujuan
Tulisan ini bertujuan untuk menguji pengaruh penetapan sasaran kerja pegawai terhadap kinerja. Selanjutnya pengaruh antar variabel ini diuji lebih lanjut dengan memasukkan variabel komitmen terhadap tujuan, umpan balik, dan kompleksitas tugas sebagai variabel pemoderasi.

Desain/Metodologi
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan relasional dan kausalitas. Data penelitian diperoleh dari hasil survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi penelitian adalah para pejabat eselon IV Kementerian Keuangan dengan sampel
pejabat eselon IV yang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan selama Tahun 2016 di Balai Diklat Kepemimpinan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.

Temuan/Hasil
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran kerja pegawai mempunyai pengaruh terhadap terhadap kinerja. Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan variabel komitmen terhadap tujuan, umpan balik, dan kompleksitas tugas memperkuat pengaruh sasaran kerja pegawai terhadap kinerja tersebut.

Published
2019-06-19